Home » Sakit Lutut

Lutut Sakit Saat Naik Turun Tangga

  •  Roswati

Sakit lutut saat naik atau turun tangga umumnya banyak dikeluhkan oleh orang-orang di usia lanjut. Tetapi tidak menutup kemungkinan orang di usia muda juga dapat merasakan nyeri lutut ketika naik atau turun tangga. Awalnya mungkin seseorang tidak menyadari jika lututnya bermasalah sewaktu menaiki dan menuruni tangga. Meski lambat laun seiring dengan bertambahnya usia, keluhan akan semakin terasa. Selain membuat nafas tersengal-sengal, terkadang sakit lutut yang dialami mengeluarkan bunyi (krepitasi).

Pada umumnya disaat menuruni tangga atau naik merupakan suatu bentuk aktivitas yang sebenarnya sangat bagus bagi kesehatan tubuh, terutama jantung dan paru-paru. Akan tetapi hal ini tidak berlaku pada otot. Kejadian ini justru akan membebani lutut.

Sewaktu menaiki tangga, lutut akan terbebani 2,5 kali lipat dari berat badan dan ketika menuruni tangga akan membebani lutut hingga 3,5 kali lipat. Jika hal ini terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka dapat menekan lutut hingga mudah cedera, terutama jika otot di sekitar lutut tidak mampu menahan beban. Kondisi semacam inilah yang membuat lutut terasa nyeri disaat turun dan naik tangga.

Penyebab lutut nyeri sewaktu naik dan turun tangga

Secara normal, sewaktu menaiki tangga, lutut tidak akan terasa sakit. Tetapi ketika mulai merasakan nyeri di lutut, maka hal ini dapat disebabkan karena berbagai faktor. Penyebab sakit lutut yang terjadi antara lain:

Sindrom nyeri tempurung lutut
Ini adalah nyeri lutut yang disebabkan karena penggunaan sendi lutut dengan berlebihan atau karena pergeseran sendi lutut akibat kegiatan yang berlebihan. Kondisi ini pada umumnya dapat dialami oleh siapa saja, tetapi lebih sering diderita oleh atlet.

Peradangan tendon
Tendon adalah jaringan ikat yang menjadi penghubung antara sendi dengan tulang. Ini berfungsi melindungi lutut ketika melakukan gerakan secara tiba-tiba. Pada saat lutut melakukan gerakan secara berlebihan, maka tendon lutut akan teriritasi dan mengalami peradangan.

Gangguan patella
Ini adalah kondisi sewaktu tempurung lutut yang terikat pada otot mengalami kelemahan pada salah satu otot. Ini membuatnya tertarik ke salah satu sisi otot yang lebih kuat dan menyebabkan pergeseran pada lutut. Hal ini dapat memicu nyeri lutut ketika naik dan turun tangga. Bentuk telapak kaki yang datar juga dapat menyebabkan pergeseran pada lutut.

Chondromalacia patella
Ini adalah kerusakan tulang rawan yang terletak di antara sendi lutut dan tulang dan menyebabkan pergerakan sendi menjadi terbatas. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri lutut ketika turun atau naik tangga, bahkan saat beristirahat, lutut masih juga terasa nyeri.

Selain kondisi-kondisi tersebut, terdapat beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang beresiko mengalami nyeri lutut:

  • Berat badan yang terlalu berlebihan.
  • Berkurangnya kekuatan otot lutut.
  • Pernah mengalami cedera lutut.
  • Melakukan gerakan secara berulang-ulang.

Sebagian orang menganggap bahwa nyeri lutut yang terjadi terkait dengan masalah peradangan sendi (osteoarthritis). Akan tetapi belum tentu semua penyebab nyeri lutut karena masalah tersebut. Meski begitu tidak tidak menutup kemungkinan nyeri lutut yang diderita menjadi pertanda penyakit radang sendi, mengingat salah satu gejalanya adalah nyeri lutut hingga mengeluarkan bunyi.

Waspadai jika nyeri lutut yang dialami disertai dengan pembengkakan, kemerahan, dan terasa hangat. Untuk membantu meringankan rasa nyeri pada saat lutut sakit sebaiknya memakai lutut yang sehat terlebih dahulu ketika hendak menapak tangga dan lakukan sebaliknya saat menuruni tangga. Cara ini akan membuat lutut yang terasa sakit tidak terlalu banyak menumpu.

Nyeri lutut disaat naik turun tangga pada tiap-tiap orang akan berbeda. Beberapa orang akan mengalami sakit yang ringan dan juga berat. Untuk mengatasi nyeri lutut yang bersifat ringan dapat dilakukan pengobatan sendiri antara lain dengan beristirahat setelah aktivitas naik turun tangga seharian dan mengompres bagian yang nyeri. Selain itu untuk menghindari nyeri lutut ketika naik turun tangga juga dapat dilakukan dengan mengurangi berat badan yang berlebihan. Makanan kaya kalsium juga akan membantu kesehatan tulang agar menjadi tetap kuat.

Bagikan