Home » Sakit Batuk

Batuk Berdahak Penyebab Cara Mengobati

  •  Roswati

Batuk Berdahak

Batuk berdahak sering dipersepsikan sebagai suatu penyakit. Batuk sendiri adalah semacam reaksi secara reflex untuk merespon adanya iritasi pada saluran pernafasan yang dikarenakan adanya stimulasi pada saraf-saraf yang berada di dalam saluran pernafasan tersebut. Batuk merupakan salah satu bentuk perlindungan tubuh secara alami untuk membersihkan saluran pernapasan.

Batuk berdahak terjadi dimana kondisi paru-paru telah terinfeksi dan memproduksi banyak lendir atau dahak secara berlebihan. Sehingga pada saat batuk, lendir ini akan ikut keluar dari tenggorokan. Karena batuk adalah salah satu bentuk dari sistem tubuh untuk mempertahankan diri, maka pada saat batuk yang disertai dahak ini berbagai macam virus ikut keluar juga.

Batuk berdahak memang bukan penyakit yang mematikan dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun pada saat mengalami batuk pastinya akan sangat mengganggu dimana tenggorokan merasakan gatal dan terkadang terasa nyeri ketika menelan makanan, karena pada tenggorokan mengalami luka. Sakit juga akan terasa di dalam dada dan terkadang sampai menyebabkan sesak, sehingga dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Penyebab batuk berdahak

Penyebab batuk berdahak bisa diketahui dari warna dahak yang dikeluarkan ketika mengalami batuk. Pada umumnya dahak yang dikeluarkan berwarna putih. Dahak jenis ini biasanya disebabkan karena terinfeksi oleh virus. Apabila dahak yang keluar berwarna kuning kehijauan, maka batuk berdahak tersebut terjadi karena terinfeksi oleh bakteri seperti bronkitis yang dapat menyebabkan demam.

Jika kondisi berlanjut hingga dahak yang dikeluarkan berwarna gelap atau mengeluarkan darah, maka perlu tindakan medis untuk segera mengobati kondisi ini. Kondisi semacam ini merupakan kondisi yang serius karena adanya gangguan atau penyakit di dalam tubuh, seperti kanker atau tuberculosis.

  1. Paru-paru atau saluran pernafasan yang terinfeksi sehingga menyebabkan seseorang mengalami gejala pneumonia, sinusitis, maupun tuberculosis.
  2. Karena kebiasaan merokok.
  3. Karena naiknya asam lambung.
  4. Mempunyai alergi pada debu, bulu binatang, asap pabrik, maupun asap dari zat-zat kimia.
  5. Karena alergi pada udara dingin, biasanya akan menyebabkan batuk berdahak di pagi hari.

Apabila batuk berdahak juga disertai gejala-gejala seperti di bawah ini, segeralah minta pertolongan medis untuk di tangani dengan segera. Gejala yang mengikuti batuk berdahak tersebut meliputi:

  • Bila batuk berdahak tidak sembuh juga dalam kurun waktu tertentu, bahkan semakin hari semakin bertambah parah.
  • Dahak yang dikeluarkan pada saat batuk berwarna kuning kehijauan atau hijau pekat dan berbusa.
  • Jika dahak disertai darah.
  • Disertai dengan demam yang tinggi, nyeri yang dirasakan di bagian dada hingga mengalami sesak nafas, sakit kepala, dan telinga terasa sakit. Bahkan kondisi ini terjadi secara terus menerus dan sering muncul.

Cara mengobati batuk berdahak

Batuk berdahak adalah sistem pertahanan dari dalam tubuh untuk melindungi saluran pernafasan dan mengeluarkan zat-zat yang menyebabkan terjadinya infeksi tersebut. Zat-zat yang berbahaya ini akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui dahak pada saat batuk. Jadi anda mengalami batuk berdahak, sebaiknya dahak ini jangan dihentikan sehingga dahak nantinya bisa keluar. Jika perlu dahak ini diberi rangsangan agar terjadi batuk untuk mengeluarkan zat tersebut.

Obat-obatan yang yang tepat untuk batuk berdahak ada beberapa jenis, diantaranya:

  1. Mukolitik atau biasa disebut dengan obat pengencer dahak, yang berfungsi untuk mengencerkan dahak yang terlalu kental, agar dapat dengan mudah dikeluarkan ketika batuk. Jenis mukolitik ini contohnya adalah ambroxol dan bromhexine.
  2. Ekspektoran, yaitu obat untuk membantu mengeluarkan dahak dengan lebih mudah ketika batuk, contoh dari ekspektoran adalah ammonium klorida dan guaifenesin.
  3. Paracetamol atau ibuprofen akan diperlukan ketika batuk berdahak yang dialami, disertai dengan demam. Paracetamol atau ibuprofen ini berfungsi untuk meringankan rasa sakit yang dirasakan di dalam tenggorokan

Selain pengobatan secara medis ada juga pengobatan yang dilakukan secara sederhana untuk mengobati batuk berdahak. Pengobatan ini juga bisa berfungsi untuk mencegah terjadinya batuk berdahak.

  • 3 kali sehari paling tidak berkumurlah dengan air hangat yang diberi garam.
  • Banyak-banyak beristirahat dan mengkonsumsi air mineral secukupnya.
  • Hindari tempat-tempat yang menjadi sumber penyebab batuk berdahak, jika tidak bisa menghindari maka pergunakan masker.
  • Menjaga agar suhu tubuh selalu hangat dan memakai air hangat ketika mandi.
  • Berhenti merokok dan minum-minuman keras.
  • Hindari kontak fisik secara langsung dengan orang yang mengalami flu atau terkena batuk yang lainnya.

Jaga selalu kesehatan anda. Gaya hidup yang sehat akan membantu mempercepat proses penyembuhan batuk berdahak.

Bagikan