Mengobati Nyeri di Pergelangan Tangan Sendiri di Rumah

Pergelangan tangan nyeri merupakan keluhan yang banyak dijumpai akibat kebiasaan dari aktivitas sehari-hari yang dilakukan secara berulang-ulang. Lambat laun hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada persendian dan tulang. Nyeri di pergelangan tangan jika seringkali diabaikan.

Nyeri yang terasa pada pergelangan tangan disebabkan karena serangkaian persendian dan tulang di daerah tersebut mengalami gangguan, yang dapat berpengaruh pada kemampuan tangan. Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan tangan terasa nyeri:

Penyebab tangan terasa nyeri

  1. Carpal tunnel syndrome; yaitu suatu kondisi dimana saraf medianus terjepit di pergelangan tangan akibat tertekan, sehingga menyebabkan pembengkakan karena pekerjaan yang dilakukan secara terus menerus. Rasa sakit dapat digambarkan dengan rasa sakit pada lengan bawah yang merambat ke tangan, bahkan dapat mempengaruhi persendian bahu.
  2. Cedera yang menyebabkan trauma pada pergelangan tangan seperti keseleo pada otot dan sendi tangan,  tulang retak, dan patah tulang.
  3. Peradangan pada tendon yang biasanya terjadi pada seseorang yang sering menggunakan tenaga ekstra kuat untuk mengangkat benda-benda yang sangat berat. Hal ini akan memicu rasa sakit di pergelangan tangan.
  4. Penyakit gout akibat asam urat yang diproduksi dalam jumlah yang terlalu berlebihan menyebabkan terbentuknya endapan kristal pada persendian.
  5. Osteoporosis; yaitu menurunnya kepadatan tulang akibat pengeroposan, ketika pergelangan tangan digerakkan akan terasa sakit.
  6. Osteoarthritis; yaitu penyakit kronis dimana terjadi pengapuran pada sendi akibat struktur sendi yang mengalami kerusakan. Kondisi ini dapat berulang atau muncul dan hilang dengan sendirinya, akibat mengalami benturan.
  7. Rheumatoid arthritis yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri. Hal ini selain menyerang persendian tubuh juga dapat menyerang pergelangan tangan.
  8. Kista ganglion; yaitu munculnya kista jaringan lunak yang dapat menekan saraf pergelangan tangan dan menimbulkan rasa sakit. Kista lebih sering muncul di pergelangan tangan dekat dengan telapak tangan.
  9. Penyakit kienbock; yaitu penyakit dimana ketika asupan dan pasokan darah yang menuju ke tulang terhambat dan mengakibatkan kerusakan secara progresif pada salah satu bagian tulang kecil yang terdapat di pergelangan tangan. Hal ini paling sering dialami oleh orang dewasa muda.

Rasa nyeri pada pergelangan tangan akan semakin beresiko tinggi dialami oleh seseorang yang memiliki pekerjaan aktif, bahkan seorang atlit olahraga dapat terkena kondisi seperti ini, yang diakibatkan karena penggunaan gerakan tangan secara konstan.

Mengobati nyeri pergelangan tangan

Akibat dari terlalu banyak penyebab dan hal-hal yang memicu nyeri di tangan, terkadang dapat membuat dokter mengalami sedikit kesulitan dalam mendiagnosa. Hanya dengan hasil diagnosa yang tepat akan membantu dokter dalam menentukan langkah pengobatan yang tepat. Untuk memastikan diagnosa, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah, X-Ray, dan tes fungsi saraf tertentu.

Dari hasil diagnosa dokter, dapat ditentukan langkah penanganan yang tepat, termasuk perawatan yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Tangan terasa nyeri dapat diatasi dengan beberapa hal, antara lain:

  • Mengistirahatkan pergelangan tangan dengan memposisikannya lebih tinggi dari siku.
  • Memberikan kompres air dingin pada pergelangan tangan yang mengalami cedera.
  • Menggunakan splint atau belat pada pergelangan tangan selama beberapa hari untuk menghindari gerakan tangan yang mengalami cedera pada saat tidur.
  • Memakai gips pada kondisi patah tulang di pergelangan tangan yang bertujuan untuk melindungi tendon atau ligamen yang kemungkinan mengalami cedera.
  • Mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa nyeri.
  • Tindakan operasi dilakukan jika mengalami kondisi yang parah, seperti patah tulang yang harus dipasang pen atau pada CTS yang parah.

Meskipun nyeri di pergelangan tangan tidak dapat dihindari, tetapi dapat diupayakan dengan meminimalkan gejala yang dirasakan. Beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri antara lain:

  • Mengurangi aktivitas yang terlalu sering menggunakan tekanan pada pergelangan tangan seperti menulis.
  • Hindari menggunakan posisi tangan dengan salah, seperti ketika memegang mouse pada komputer.
  • Sebisa mungkin menghindari cedera.
  • Saat berolahraga sebaiknya gunakan pelindung untuk melindungi pergelangan tangan.
  • Mengistirahatkan pergelangan tangan secara berkala ketika bekerja.
  • Hindari posisi tangan dalam satu posisi yang terlalu lama tanpa bergerak.

Selain beberapa tips tersebut, dapat juga dengan mengkonsumsi suplemen makanan yang mengandung kalsium dan berbahan alami. Segera cari bantuan medis setelah merasakan nyeri pada pergelangan apalagi jika disertai dengan rasa kesemutan dan mulai menyebar hingga ke lengan dan bahu.