Pilek Penyebab Gejala Pengobatan

Pilek adalah reaksi inflamasi atau peradangan pada saluran pernafasan yang disebabkan karena terinfeksi oleh virus. Pilek merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah menular dan dapat menyerang siapa saja. Hampir semua orang pernah mengalami pilek, baik itu bayi hingga orang tua sekalipun. Penyakit pilek bukanlah suatu keadaan yang membahayakan dan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 1-2 minggu.

Kondisi pilek mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas, ini bisa juga disebut sebagai infeksi saluran pernapasan atas. Biasanya pilek mempengaruhi hidung dan tenggorokan seseorang. Pada orang yang terkena pilek dapat terjadi konsisi hidung tersumbat, sakit kepala, mata berair, bersin berkepanjangan dan lendir yang senantiasa mengalir dari hidung.

Penyebab pilek

Terdapat jenis virus yang berbeda, yang dapat menyebabkan pilek dan masing-masing dari virus tersebut membawa gejala pilek yang berbeda juga. Anak-anak lebih rentan terkena pilek, dan bisa menderitanya sampai 6 kali dalam setahun. Hal ini adalah disebabkan karena kekebalan tubuh yang rendah. Pada orang dewasa dapat mengalami pilek 4 kali dalam setahun. Namun, hal ini bukanlah jumlah yang tetap, karena dapat bervariasi tergantung pada kondisi.

Pilek disebabkan karena mengalami infeksi oleh virus dan merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah menular. Terdapat ratusan lebih virus yang dapat menyebabkan pilek, tetapi ada beberapa kelompok virus yang paling sering menjadi penyebab pilek, diantaranya yaitu Human Rhinovirus (HRV), Coronavirus, Adenovirus, Human Parainfluenza Virus (HPIV), dan Respiratory Syncytial Virus (RSV).

Mengapa seseorang sering mengalami pilek dikarenakan banyaknya jenis virus yang menginfeksi dan selalu muncul virus baru yang berkembang secara terus menerus. Ini akan membuat sistem imun tidak mampu lagi untuk melawan serangan virus-virus tersebut. Hal inilah yang terkadang seringkali menjadi alasan mengapa seseorang harus pergi ke dokter. Ada beberapa hal mengapa seseorang lebih mudah untuk terkena pilek.

  1. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah terutama pada bayi dan anak-anak.
  2. Berada di tengah keramaian sepeti pasar, kantor, terminal, stasiun, sekolahan, maupun fasilitas umum.
  3. Memiliki riwayat medis terhadap suatu penyakit yang bersifat kronis.
  4. Faktor cuaca ketika suhu udara menurun.

Virus penyebab pilek memasuki tubuh manusia melalui hidung, mulut, dan mata, yang umumnya ditularkan melalui hal-hal sbb:

  1. Kontak fisik secara langsung dengan cairan dari penderita pilek.
  2. Tidak sengaja terhirup percikan air liur yang menyebar di udara saat penderita pilek terbatuk atau bersin.
  3. Menyentuh benda di sekitar penderita pilek yang kemungkinan telah terkontaminasi oleh percikan lendir. Virus penyebab pilek dapat hidup selama beberapa jam pada benda maupun barang-barang di sekitarnya seperti meja, kursi, gelas.
  4. Menggunakan barang-barang milik penderita yang terkontaminasi oleh virus penyebab pilek seperti handuk, pakaian, maupun peralatan makan dan minum.

Gejala pilek

Virus penyebab pilek sewaktu memasuki tubuh manusia tidak akan langsung menunjukkan gejala pada saat itu juga, tetapi virus ini akan berinkubasi dalam tubuh selama 2-3 hari. Setelah itu akan muncul gejala-gejala yang dapat terlihat saat seseorang menderita pilek:

  • Sering bersin dan mengeluarkan ingus terus-menerus dari hidung.
  • Hidung menjadi tersumbat sehingga pernafasan menjadi tidak lancar.
  • Badan terasa tidak enak dan nyeri serta kelelahan tubuh.
  • Mata berair, tenggorokan terasa gatal, dan suara terkadang menjadi serak.
  • Demam dan sakit kepala ringan.
  • Daya penciuman dan pengecapan menurun, terkadang kehilangan nafsu makan.

Tips mengobati pilek

Pilek merupakan jenis penyakit yang tergolong ringan dan biasanya tidak membahayakan. Peyakit ini dapat sembuh dengan melakukan perawatan sendiri di rumah dengan memperbanyak minum air putih dan istirahat yang cukup, hingga kondisi pilek mereda sehingga tidak memerlukan bantuan medis. Sementara untuk mengatasi gejala-gejala pilek dapat dilakukan beberapa hal antara lain:

  • Mengusahakan agar selalu dalam keadaan yang hangat dengan mengoleskan balsam atau minyak angin pada leher, dada, dan punggung.
  • Beberapa orang yang terkena pilek kadang juga menderita sakit kepala dan nyeri tubuh. Solusi terbaik untuk ini adalah menggunakan acetaminophen.
  • Menggunakan larutan garam yang dicampur dengan air hangat untuk membantu mengatasi hidung tersumbat.
  • Menghirup uap air panas yang diberi beberapa tetes minyak yang mengandung menthol, untuk membantu mengencerkan ingus dan melegakan pernafasan.
  • Ada berbagai macam obat tetes hidung tersumbat untuk mengurangi sesak pada saluran nafas. Akan tetapi jangan menggunakan tetes hidung untuk lebih dari beberapa hari karena ini dapat menyebabkan peradangan kronis dari selaput lendir. Jika anda ingin menggunakan tetes hidung, lebih baik untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.
  • Minum obat-obatan penghilang nyeri dan penurun demam.
  • Jika pilek disertai dengan batuk, maka penggunaan sirup obat batuk akan dapat berguna.

Pilek dapat dicegah dengan melakukan beberapa hal sederhana antara lain sbb:

  • Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.
  • Biasakan mencuci tangan, baik sebelum maupun sesudah melakukan sesuatu.
  • Sebisa mungkin menjaga jarak atau menghindari kontak dengan penderita pilek, hingga penderita pilek tersebut sembuh.
  • Hindari menggunakan peralatan atau barang secara bersamaan dengan penderita pilek.
  • Ketika menggunakan tisu, buanglah tisu bekas di tempat sampah dan cucilah tangan hingga bersih menggunakan sabun.

Makanan yang bergizi tinggi dan berolahraga secara rutin akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Bila diperlukan dapat mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi 2000 mg per hari, kendati belum mampu dibuktikan secara ilmiah apakah vitamin C dosis tinggi dapat mengurangi resiko tertular penyakit pilek.

Jika anda telah mengetahui adanya tanda-tanda dan gejala pilek ini, berikanlah perawatan dengan segera. Apabila sakit pilek tak kunjung sembuh dalam jangka waktu lama, hubungilah dokter untuk berkonsultasi. Dan jika anda sedang terkena pilek, cobalah untuk menjaga jarak dan tak lupa menjaga kebersihan.