Hidung Tersumbat Penyebab dan Mengobati

Hidung tersumbat adalah kondisi dimana hidung terasa sesak dan susah bernafas. Kondisi ini terjadi karena jaringan pada mukosa hidung di hidung mengalami peradangan, sehingga menyebabkan menjadi bengkak. Hidung tersumbat dapat terjadi pada salah satu rongga hidung atau keduanya, yang hampir semua orang pernah mengalaminya, baik itu bayi, anak-anak, maupun orang dewasa.

Kondisi pada hidung tersumbat bukanlah suatu kondisi yang serius dan membahayakan, yang umumnya akan sembuh dengan sendirinya. Walau saat mengalami masalah hidung tersumbat akan sangat mengganggu terlebih pada waktu sedang tidur.

Penyebab hidung tersumbat

Hidung tersumbat dapat disebabkan karena 2 hal, yaitu karena menderita alergi dan non alergi. Kondisi pada hidung tersumbat umumnya disebabkan karena penyakit ringan yang biasanya dapat sembuh dalam jangka waktu seminggu. Penyakit pilek dan flu dapat menyebabkan lapisan mukosa hidung yang banyak terdapat jaringan pembuluh darah meradang dan mengakibatkan pelebaran dan pembengkakan.

Pada beberapa kasus, seseorang yang mengalami hidung tersumbat dalam jangka waktu yang lebih lama ada kemungkinan disebabkan karena faktor sbb:

  1. Menderita rhinitis alergi maupun non-alergi.
  2. Mengalami iritasi pada hidung karena pengaruh lingkungan seperti udara yang kotor, polusi, asap, dan bau-bauan yang menyengat seperti parfum.
  3. Alergi terhadap serbuk sari, debu, dan makanan.
  4. Menderita polip hidung.
  5. Akibat perubahan cuaca dan suhu yang ekstrem.
  6. Menderita infeksi sinus yang berkepanjangan atau sinusitis kronis.
  7. Efek samping dari penggunaan obat dekongestan yang dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.
  8. Struktur tulang hidung yang bengkok.
  9. Pertumbuhan tumor di hidung.
  10. Sakit kepala cluster.

Selain itu ada beberapa kondisi lainnya yang dapat membuat seseorang mengalami hidung tersumbat walaupun jarang dijumpai.

  • Pada masa kehamilan, terutama trimester pertama menyebabkan terjadinya banyak perubahan, termasuk perubahan hormon yang disertai dengan meningkatnya aliran darah. Hal ini akan memicu pembengkakan, yang tidak hanya terjadi di kaki, tetapi hidung juga bisa mengalaminya.
  • Hipotiroidisme yang terjadi karena hormon tiroid tidak dapat bekerja secara aktif. Saat tubuh kekurangan hormon tiroid, maka akan menyebabkan hidung tersumbat, meskipun seseorang tidak sedang menderita pilek.

Mengobati hidung tersumbat

Hidung tersumbat dapat diatasi dengan 2 cara, yaitu dengan obat dan alami. Mengatasi hidung tersumbat dengan cara alami dapat dilakukan dengan beberapa hal sederhana, sbb:

  • Meninggikan posisi kepala ketika tidur atau tidur dengan setengah duduk.
  • Hindari mengeluarkan ingus dengan kuat, karena dapat menyebabkan lapisan dalam rongga hidung menjadi semakin meradang.
  • Menghirup uap air panas yang telah diberi beberapa tetes minyak angin yang mengandung menthol, dengan cara menempatkan air panas pada baskom. Teteskan sedikit minyak kemudian gunakan handuk untuk menutup kepala ketika menghirup uap panas.
  • Menghirup inhaler, balsam, atau minyak angin secara langsung atau mengoleskannya di bawah hidung dan sekitar leher.
  • Menggunakan larutan saline yang bisa dibeli di apotik beserta dengan semprotan khusus hidung. Larutan saline juga dapat digantikan dengan menggunakan larutan air garam hangat. Larutan air garam mampu membunuh bakteri dan mengusir virus yang menyebabkan hidung tersumbat.
  • Makanan yang pedas dan panas, seperti sup dan wedang jahe dapat merangsang lendir agar mencair.

Untuk mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan obat-obatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, mengingat efek samping obat-obatan tersebut. Beberapa jenis obat yang digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat, sbb:

  • Dekongestan yang disediakan dalam dua bentuk yaitu pil dan semprot. Obat dekongestan mengandung zat aktif Pseudoefedrine dan Phenylpropanolamine, yang bekerja dengan mengecilkan pelebaran pada pembuluh darah sehingga dapat menghilangkan hidung tersumbat.
  • Antihistamin untuk mengatasi hidung tersumbat karena alergi, seperti loratadine, cetirizine, dan obat semprot khusus hidung seperti azelastine.
  • Steroid khusus hidung seperti mometasone.
  • Antibiotik untuk mengatasi hidung tersumbat karena infeksi.

Tindakan operasi mungkin dapat dilakukan oleh dokter sebagai alternatif yang terakhir pada kondisi hidung tersumbat yang disebabkan karena menderita tumor dan polip. Untuk membantu mencegah hidung tersumbat dapat melakukan beberapa cara antara lain menghindari makanan dan minuman yang dapat menjadi pemicu hidung tersumbat. Kenakan pakaian yang tebal ketika musim penghujan atau saat cuaca sedang dingin. Kunjungi dokter jika kondisi hidung tersumbat terjadi lebih dari 10 hari disertai dengan demam tinggi.