Perut Kembung Saat Menstruasi Tiap Bulan

Perut kembung ketika menstruasi merupakan kondisi yang tentunya sangat tidak nyaman bagi para wanita setiap bulan. Menstruasi setiap sebulan menjadi kondisi yang sering membuat wanita terkadang sulit untuk beraktivitas lebih lancar dari biasanya. Bahkan jika ditambah dengan perut kembung, pasti banyak wanita yang merasa terganggu.

Saat menstruasi, umumnya banyak sekali keluhan dan permasalahan yang muncul menyertai haid, seperti nyeri dan kram perut, muka berjerawat, masalah dengan berat badan, badan terasa pegal, mudah lelah, termasuk perut kembung. Semua permasalahan itulah yang membuat mengapa wanita mengalami suasana hati yang berubah-ubah, hingga mempengaruhi tingkat emosi pada saat datang bulan.

Penyebab perut kembung saat haid

Perut kembung sewaktu haid berbeda kondisi dengan perut kembung biasa yang diakibatkan karena gangguan pencernaan. Perut kembung yang terjadi saat datang bulan tersebut biasanya disebabkan oleh hal-hal tertentu, antara lain sbb:

  • Adanya penumpukan cairan di beberapa jaringan tubuh termasuk di perut.
  • Perubahan kadar hormon estrogen yang naik turun.
  • Mengalami penurunan kadar magnesium dan progesteron.
  • Mengkonsumsi gula berlebihan akibat rendahnya kadar insulin.
  • Faktor dari makanan dan minuman seperti makanan yang berlemak dan digoreng, serta jenis makanan yang bisa menghasilkan gas. Minuman bersoda, beralkohol, dan berkafein juga dapat memicu perut kembung ketika datang bulan.
  • Mengalami sembelit.

Cara mengatasi perut kembung ketika menstruasi

Perut kembung ketika menstruasi dapat diatasi dengan menjaga pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat.  Perbanyak makan sayur dan buah yang tinggi akan kandungan serat sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Perut kembung yang diderita oleh wanita haid dapat diupayakan pencegahan, yaitu dengan menghindari hal-hal sbb:

  • Konsumsi garam dan gula berlebihan harus dihindari karena kandungan garam dan gula dapat menyebabkan terjadinya penumpukan cairan.
  • Makanan yang berlemak dan digoreng cenderung susah dicerna oleh tubuh.
  • Makanan yang bisa menghasilkan gas seperti kol dan brokoli.
  • Minuman alkohol, kafein, dan minuman bersoda.
  • Makanan dengan bahan kedelai juga layak dicegah karena makanan ini dapat meningkatkan kadar estrogen yang bisa mempengaruhi keseimbangan hormon.

Dengan berolahraga ringan saat menstruasi seperti jalan kaki dapat membuat otot perut menjadi lemas. Hal ini akan mencegah perut kembung saat datang bulan. Perbanyak minum air putih hangat dan makanlah makanan yang mudah untuk dicerna untuk membantu melancarkan pencernaan.

Pada prinsipnya, menstruasi beserta permasalahan yang menyertai termasuk perut kembung merupakan keadaan yang wajar dan hampir semua wanita pernah mengalaminya. Perut kembung sewaktu haid bukanlah kondisi yang serius dan membahayakan.

Apabila kondisi perut kembung ketika menstruasi tidak kunjung sembuh dan mereda, alangkah baiknya jika segera mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter akan dapat diketahui apa yang menjadi penyebab perut kembung dengan pasti. Dokter dapat menentukan langkah pengobatan secara lebih tepat.