Atasi Hidung Tersumbat Saat Tidur

Hidung tersumbat dan mampet di malam hari ketika tidur sangat mengganggu hingga sering membuat kesal dan jengkel. Tentu saja kondisi ini terasa sangat menyiksa, tidur menjadi tidak nyenyak dan tidak nyaman karena mengalami kesulitan bernafas. Hidung dapat tersumbat pada salah satu rongga hidung saja maupun keduanya. Sewaktu tidur terpaksa harus bangun karena harus mengubah dan mencari posisi yang nyaman agar tetap bisa bernafas.

Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan pada lapisan rongga hidung dan pembuluh darah mengalami peradangan. Hal ini menyebabkan pembengkakan akibat cairan yang menumpuk secara berlebihan. Kondisi hidung tersumbat pada umumnya disebabkan karena penyakit seperti flu dan pilek. Akan tetapi ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan hidung tersumbat selain flu dan pilek, antara lain yaitu sinusitis, rhinitis, alergi debu, terpapar oleh bahan kimia, polip hidung dan tumor, struktur tulang hidung yang miring, iritasi hidung, dan sakit kepala cluster.

Mengobati hidung tersumbat saat tidur malam

Semua orang pasti menginginkan tidur malam mereka tetap nyenyak hingga bangun di pagi hari tanpa adanya gangguan. Sewaktu tidur mengalami hidung tersumbat maka akan mengganggu tidur anda. Tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut, karena beberapa tips berikut ini dapat membantu meringankan dan melegakan hidung tersumbat dikala tidur. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati hidung tersumbat saat tidur:

  1. Mandi air hangat dan minum air panas menjelang tidur membantu tubuh agar rileks.
  2. Menghirup uap air panas dalam baskom yang ditambah dengan beberapa tetes minyak angin yang mengandung menthol. Hirup uap panas tersebut dengan menutup kepala menggunakan handuk untuk membantu memaksimalkan penghirupan. Uap panas yang bercampur dengan aroma menthol membantu mengencerkan ingus dan sekaligus melegakan pernafasan. Cara ini terbukti sangat manjur untuk mengatasi hidung tersumbat.
  3. Menghirup balsam, minyak angin, dan inhaler yang mengandung menthol akan memperlancar hidung tersumbat. Selain dengan dihirup, dapat juga dioleskan di bawah lubang hidung atau digosokkan di leher, dada, dan punggung.
  4. Mengompres hangat hidung dengan cara mencelupkan kain atau handuk kecil ke dalam air hangat. Lakukan hal ini sambil berbaring dan ulangi setiap kali kain menjadi dingin hingga hidung terasa lega.
  5. Menggunakan bantal ekstra untuk menyangga kepala agar posisi kepala lebih tinggi saat tidur.
  6. Mengatur kelembaban udara kamar. Jika anda memakai pendingin ruangan, sebaiknya pakailah yang berteknologi anti bakteri dan anti virus.
  7. Gunakan larutan air garam dicampur dengan air hangat. Teteskan ke dalam hidung untuk memberikan kelembaban pada hidung.

Mengatasi hidung tersumbat saat tidur selain dengan melakukan beberapa perawatan seperti di atas, dapat juga dengan minum obat-obatan, seperti decongestan, anti histamin, paracetamol, ibuprofen, acetaminophen, dan naproxen sodium. Untuk mengkonsumsi obat-obatan tersebut harus memperhatikan aturan pakai dan kontraindikasi yang biasanya selalu tertera pada tiap kemasan.

Selain dapat diobati dengan obat kimia, hidung tersumbat juga dapat disembuhkan dengan obat-obatan yang berbahan alami yang dapat meredakan nafas terasak sesak karena hidung tersumbat. Obat herbal yang dapat dipakai antara lain adalah bahan alami yang mengandung zinc, vitamin C, dan echinacea.

Apabila kondisi hidung tersumbat ini tidak juga kunjung membaik dan justru bertambah semakin parah atau berlangsung lebih dari 10 hari disertai dengan demam tinggi dan ingus berwarna kuning kehijauan, maka akan lebih baik untuk mengunjungi dokter agar mendapatkan pengobatan yang tepat.