Batuk Kering Radang Tenggorokan Penyebab Pengobatan

Batuk kering yang timbul dan disertai bersamaan dengan radang tenggorokan, hal ini dapat menjadi gejala yang terjadi dari berbagai kondisi tertentu. Kondisi ini dapat disebabkan karena adanya infeksi dari virus maupun infeksi bakteri pada saluran pernafasan. Berikut ini adalah penjelasan dari penyebab batuk kering bersama dengan radang tenggorokan dan cara mengobati batuk kering.

Adakalanya, radang tenggorokan dapat terjadi bersamaan dengan sakit batuk. Akan tetapi bisa juga batuk kering terjadi setelah tenggorokan mengalami peradangan. Agar dapat mengobati dan mengatasi kondisi ini secara efektif, maka sangat penting sekali untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya. Berikut adalah aneka ragam penyebab batuk kering  yang disertai dengan sakit pada tenggorokan atau meradang.

Penyebab dan gejala batuk tenggorokan kering

Sakit flu dan pilek

Sakit flu maupun pilek merupakan infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan di bagian atas. Kondisi ini menimbulkan berbagai macam gejala, diantaranya mempunyai pengaruh pada tenggorokan. Pilek dan flu adalah penyakit yang disebabkan karena campur tangan virus yang dapat menjadi penyebab tenggorokan sakit, sakit demam, hidung beraris, otot terasa nyeri, sakit kepala, dan juga batuk kering. Batuk kering yang disebabkan karena adanya infeksi saluran pernafasan atas akan menimbulkan adanya sesuatu yang mengganjal pada tenggorokan.

Mononukleosis

Mononukleosis terjadi dari kontak dengan air liur penderita yang terinfeksi oleh virus. Penyakit oleh virus ini mempunyai ciri timbulnya demam dan kelenjar getah bening yang bengkak, khususnya pada bagian ketiak dan leher. Penyakit yang tergolong menular ini juga menjadi penyebab bengkaknya amandel, malaise atau lelah, ruam kulit, dan sakit kepala. Virus yang menjadi penyebab mononukleosis adalah virus Epstein Barr. Kondisi ini lebih sering dialami pada usia remaja dan sewaktu mulai menginjak usia dewasa.

Bronkitis akut

Bronkitis akut juga dapat diawali dengan munculnya batuk kering, kemudian diikuti dengan munculnya dahak berwarna keputihan atau kekuningan, mengi, demam, sakit tenggorokan, sesak nafas, dan dada terasa terbakar. Penyakit bronkitis mengarah pada selaput lendir bronkus yang meradang. Pada dasarnya, bronkitis dapat dibedakan menjadi kronis dan akut. Pada umumnya, infeksi oleh bakteri dan virus akan menjadi penyebab bronkitis akut. Sedangkan pada bronkitis kronis disebabkan karena seperti merokok, asap polusi dan debu.

Laringitis

Peradangan yang terjadi pada kotak suara atau laring disebut dengan laringitis. Kondisi semacam ini bisa disebabkan karena adanya infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan atas. Bernyanyi keras ataupun berteriak dengan lantang juga akan memberikan beban berlebihan pada kotak suara. Gejala laringitis yang terlihat meliputi sakit tenggorokan dan terasa kering, suara terdengar serak atau bahkan hilang, serta batuk. Sesak nafas juga akan diderita oleh anak-anak dengan kondisi ini.

Faringitis

Faringitis adalah suatu infeksi atau peradangan pada kerongkongan yang terjadi di bagian belakang tenggorokan. Penderita akan dapat mengalami sakit pada tenggorokan dan kesulitan untuk menelan makanan. Kadangkala, gejala yang terlihat meliputi demam, sakit kepala, hidung berair, sakit kepala, dan nyeri pada sendi tubuh. Infeksi faringitis dapat disebabkan karena bakteri dan virus.

Cara mengobati batuk kering

Sebagai cara mengobati batuk kering dan radang tenggorokan akan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Jika kondisinya karena disebabkan infeksi oleh bakteri, maka obat antibiotik umunya akan dipakai. Untuk meredakan rasa sakit di tenggorokan juga dapat digunakan obat pereda batuk dan pelega tenggorokan.

  • Seiring dengan pengobatan, cara mengobati batuk kering dengan alami dan tenggorokan sakit dapat menggunakan air garam yang hangat dan digunakan untuk berkumur tiap hari.
  • Pengobatan lain untuk batuk kering dan radang tenggorokan adalah dengan membuat jus lemon. Caranya adalah dengan menambahkan beberapa tetes madu pada jus lemon. Selain itu anda juga dapat menggunakan segelas air dicampur dengan 1-2 sendok teh cuka sariapel. Minum ramuan alami ini untuk menghilangkan rasa sakit di tenggorokan.
  • Teh yang dicampur dengan madu juga akan dapat membantu mengurangi rasa nyeri di tenggorokan dan meredakan batuk kering.
  • Minum banyak air putih atau menambah asupan cairan berguna untuk membuat proses penyembuhan lebih cepat akibat dari infeksi virus seperti pilek ataupun sakit flu. Air hangat juga akan membantu dalam mengencerkan lendir.
  • Menggunakan uap hangat dapat menjadi obat alternatif untuk mengatasi sakit tenggorokan. Metode ini akan membantu membersihkan rongga hidung dari lendir.

Mengikuti pola makan yang sehat dan diet seimbang berguna untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Memasang humidifier pada ruangan juga dapat membantu. Yang perlu diingat, jika batuk dan tenggorokan masih tetap terasa nyeri selama berhari-hari lamanya, atau mungkin jika kondisi tersebut disertai dengan gejala lain seperti demam tinggi, nyeri parah pada tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening atau terdapat benjolan di leher, maka segeralah mengunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih intensif.