Penyebab Sering Sekali Bersin Pagi Hari

Bersin yang hanya dialami ketika pagi hari atau setelah bangun tidur merupakan suatu keadaan yang normal jika bersin berlangsung selama 1-2 kali. Namun, jika bersin tersebut sampai berkali-kali hingga lebih dari 5 kali, bisa jadi merupakan tanda bahwa tubuh mengalami masalah. Biasanya bersin akan berhenti sendiri setelah hari beranjak siang.

Bersin saat bangun pagi hari

Banyak hal yang dapat menyebabkan bersin sering terjadi di pagi hari terutama setelah bangun tidur atau setelah selesai mandi. Kondisi ini biasanya disertai dengan pilek, hidung berair dan tersumbat, mata berair, dan hidung menjadi gatal. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya bersin tersebut antara lain sbb:

  1. Rhinitis alergi menjadi penyebab utama. Seseorang yang memiliki riwayat atau bakat alergi sebelumnya akan lebih mudah mengalami bersin di pagi hari, karena alergi ini dipicu oleh alergen seperti debu, tungau debu rumah, dan bulu binatang. Saat tidur tanpa sengaja alergen tersebut terhirup dan masuk ke dalam hidung yang menempel pada bantal, guling, Kasur, dan selimut, sehingga saat bangun tidur akan mengalami bersin-bersin.
  2. Rhinitis vasomotor; terjadi ketika sistem saraf dan otot yang mengatur pembuluh darah untuk melebar dan menyempit mengalami pembengkakan yang disebabkan gangguan karena pengaruh dari udara yang terlalu kering, perubahan suhu secara drastis, suhu udara dingin, perubahan kelembaban, pemanas ruangan, terlalu kelelahan, dan mengalami stres.
  3. Bentuk reaksi alami dari tubuh ketika tidur juga berpengaruh mengapa seseorang dapat bersin ketika bangun tidur. Pada saat tidur suhu pada tubuh akan menurun, sehingga ketika terbangun di pagi hari, seseorang akan bersin-bersin dan ini merupakan suatu kondisi yang normal.
  4. Silia atau bulu halus dalam rongga hidung dan rongga sinus yang bertugas mengeluarkan kotoran dan lendir akan memperlambat gerakannya pada saat seseorang sedang tidur. Saat bangun hal ini dapat membuat seseorang menjadi bersin-bersin sebagai upaya untuk mengeluarkan kotoran tersebut.
  5. Terlalu memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi membuat tubuh menjadi lebih sensitif terhadap suhu yang dingin atau setelah selesai mandi.

Pada umumnya bersin-bersin di pagi hari tidak berlangsung lama. Pada saat siang, sore, atau menjelang malam, biasanya bersin tidak lagi muncul, hal ini dikarenakan pada waktu-waktu tersebut daya tahan tubuh seseorang sudah mulai stabil dan meningkat. Bersin dipagi hari atau setelah mandi dapat muncul dan terjadi pada siapa saja, hanya saja lebih sering dialami di usia remaja dan dewasa.

Bersin di pagi hari tiap bangun tidur dapat ditangani dengan mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Sebaiknya kunjungi dokter untuk melakukan beberapa pemeriksaan, sehingga dokter dapat menentukan langkah penanganan dan pengobatan yang tepat.

Dokter akan meresepkan obat-obatan seperti antihistamin dan dekongestan, selain itu dokter juga akan menyarankan obat nasal spray atau semprot hidung. Obat-obatan tersebut tidak bertujuan untuk menyembuhkan bersin, tetapi hanya membantu sementara dengan menekan gejala bersin yang dialami.

Cara mengatasi bersin saat bangun tidur

Untuk mencegah agar tidak bersin-bersin di pagi hari atau setelah mandi, maka dapat melakukan beberapa hal sederhana, antara lain:

  • Rajin membersihkan kamar tidur, dengan rutin menjemur bantal, guling dan kasur yang bertujuan membunuh tungau atau kutu-kutu kasur.
  • Rajin mengganti dan mencuci sprei, selimut, sarung bantal dan guling, serta korden kamar.
  • Atur suhu kamar sedemikian rupa ketika menggunakan pendingin ruangan, serta rutin membersihkan peralatan tersebut.
  • Hindari mandi dengan air dingin dan mandilah menggunakan air hangat.

Masih banyak cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari bersin terus-menerus di pagi hari atau setelah mandi. Berolahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Perbanyak minum air putih hangat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang.