Nyeri Dada Sebelah Kanan Gejala Apa?

Sakit atau nyeri dada sebelah kanan yang dirasakan terkadang masih sering terkait dengan kondisi jantung yang bermasalah. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa bukan karena masalah jantung saja yang menjadi penyebab dada nyeri di bagian kanan. Seperti diketahui secara medis maupun umum, jantung manusia terletak agak di sebelah kiri, jadi sakit atau nyeri yang dirasakan pada dada sebelah kanan belum tentu karena serangan jantung.

Terkadang pada sebagian orang jarang mempermasalahkan sakit yang dirasakan pada dada sebelah kanan karena lebih cenderung memperhatikan dan lebih berkonsentrasi pada sakit yang terjadi pada sakit dada sebelah kiri. Rasa sakit dan nyeri yang terjadi pada dada sebelah kanan tidak bisa kita abaikan begitu saja. Meskipun terkadang rasa sakit dan nyeri pada dada sebelah kanan tidaklah membahayakan bagi kesehatan, namun bisa jadi sakit yang dirasakan pada dada sebelah kanan adalah sebuah peringatan alami, bahwa telah terjadi masalah dan gangguan yang serius dari dalam tubuh.

Pada umumnya orang akan mengalami rasa panik terlebih dahulu ketika tiba-tiba mengalami rasa sakit pada dada sebelah kanan dan tidak jarang pula berasumsi bahwa ini merupakan teror serangan jantung. Sakit dada akibat serangan jantung dan bukan dari serangan jantung biasanya akan terasa sama pada awalnya. Namun pada sakit dada akibat serangan jantung, rasa nyeri ini akan terasa sampai pada bagian leher, lengan kiri, dan kanan, belakang perut hingga ke bahu sebelah kiri.

Pada saat dada kanan terasa sakit, mungkin saja dapat disertai oleh hal lainnya, seperti:

  • Nyeri yang dirasakan pada saat mengubah posisi tubuh.
  • Rasa perih di dalam rongga dada atau lebih tepatnya di belakang tulang dada.
  • Rasa sakit pada dada seperti ditusuk, ditekan, dan diremas.
  • Pada keadaan berbaring dada terasa sakit saat bernafas.
  • Dari dalam mulut terjadi aliran balik dari saluran pencernaan.

Penyebab munculnya sakit dada kanan

  1. Musculoskeletal atau traumatik yang terjadi karena otot mengalami kram atau cedera. Biasanya dialami oleh atlet yang mempunyai aktivitas fisik yang sangat berat. Jika cedera otot ini bukan karena sebab mempunyai riwayat penyakit jantung, bisa dipastikan sakit yang dirasakan pada dada sebelah kanan terjadi karena mengalami benturan atau juga karena terjatuh sehingga dada mengalami cedera.
  2. Masalah pada kantung empedu dapat terjadi oleh akibat seringnya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak atau ketika batu empedu menyumbat saluran empedu.
  3. Terinfeksi virus, bakteri dan mikroorganisme, terutama virus yang menyebabkan flu dan batuk yang masuk ke dalam tubuh juda dapat menyebabkan sakit dada kanan.
  4. Adanya peradangan yang terjadi di dalam pleura, yaitu selaput yang melindungi paru-paru. Ketika selaput pelindung mengalami peradangan maka akan menimbulkan sakit pada bagian dada sebelah kanan.
  5. Radang pada selaput perut atau gastritis yang terjadi setelah mengkonsumsi minuman keras yang berlebihan atau karena berpuasa yang tidak benar dan sehat seperti tidak sahur dapat menjadi pemicu sakit dada.
  6. Hepatitis atau peradangan yang terjadi di dalam hati, hal ini menyebabkan rasa sakit pada dada sebelah kanan karena organ hati ini lokasinya berdekatan dengan dinding rongga dada sebelah kanan.
  7. Masalah saluran pencernaan atau asam lambung yang dikarenakan pola makan yang kurang sehat dan tingkat stress yang berlebihan.
  8. Kelelahan fisik sebagai akibat dari banyaknya aktifitas yang dijalani sepanjang hari sehingga menguras banyak tenaga dan energi, yang menuntut otot dada sebelah kanan harus mengoptimalkan kinerjanya.

Sakit yang dirasakan pada dada sebelah kanan tidak bisa kita abaikan begitu saja. Penanganan medis dengan benar akan diperlukan guna mencegah masalah ini menyebabkan komplikasi kondisi yang berbahaya nantinya.