Home » Sakit Kepala

Sering Sakit Kepala Dimalam Hari

  •  Roswati

Sering Sakit Kepala Dimalam Hari

Sakit kepala yang sering dirasakan dimalam hari tentunya akan sangat mengganggu, apalagi jika kondisi sakit kepala ini hingga membangunkan ketika sedang tidur nyenyak. Sakit kepala sendiri merupakan suatu bentuk perubahan aktivitas secara kimiawi di otak dan pembuluh darah di otak, yang muncul karena dipicu oleh beberapa keadaan tertentu.

Salah satu jenis sakit kepala yang terasa sangat menyakitkan dan dapat mengganggu saat sedang tidur nyenyak ini disebut dengan hypnic headache dalam istilah bule. Sakit kepala hypnic headache pada umumnya dialami oleh orang yang berusia 50 tahun keatas. Sakit kepala jenis ini akan mulai menyerang diantara jam 1-jam 3 dini hari, yang digambarkan dengan rasa sakit yang tajam dan kepala terasa berdenyut sehingga akan membangunkan tidur.

Sakit kepala semacam ini dapat terjadi selama beberapa menit hingga beberapa jam lamanya dan terkadang dapat membuat seseprang merasa mual. Penderita sakit kepala hypnic ditandai dengan tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap cahaya dan suara.

Penyebab sakit kepala malam hari

Selain hypnic headache, masih ada beberapa jenis sakit kepala yang dapat membangunkan seseorang ketika sedang tidur nyenyak. Sakit kepala yang dirasakan dimalam hari ini terjadi karena dipicu oleh beberapa penyebab tertentu antara lain:

  • Mengalami stres yang terlalu berlebihan, yang kemungkinan diakibatkan karena berbagai macam tekanan dalam pekerjaan atau karena permasalahan pribadi.
  • Terlalu lama bekerja di depan layar komputer dapat memicu sakit kepala.
  • Hipoglikemia, yaitu keadaan dimana kadar gula dalam darah terlalu rendah.
  • Sakit kepala migrain dapat juga dialami sewaktu malam hari sehingga dapat mengganggu ketika sedang tidur karena rasa sakit kepala migrain dapat bertahan hingga sepanjang malam.
  • Sakit kepala akibat sinus yang terjadi karena tingkat alergi yang tinggi. Meskipun sakit kepala akibat sinus umumnya muncul ketika pagi hari, tetapi pada beberapa kasus dapat muncul saat sore ataupun malam hari.
  • Terlalu banyak merokok dan minum alkohol pada malam hari dapat memicu sakit kepala.
  • Memiliki kondisi medis tertentu seperti menderita tumor otak, sleep apnea, anemia, dan hipotensi atau tekanan darah rendah.
  • Melewatkan waktu makan, mengalami dehidrasi, dan kelelahan.
  • Mengalami pendarahan internal yang dapat memicu sakit kepala secara tiba-tiba dan terasa sangat menyakitkan.

Dengan mengunjungi dokter, maka dokter dapat melakukan beberapa pemeriksaan termasuk pemeriksaan penunjang lainnya jika memang diperlukan untuk mendapatkan diagnosa. Ini bertujuan untuk mengetahui penyebab sakit kepala dengan pasti, selain itu dokter juga akan melakukan tindakan pengobatan dengan tepat.

Sakit kepala yang dirasakan dimalam hari dapat dihindari dengan menjauhi segala hal yang dapat menjadi penyebab sakit kepala. Perbaiki pola makan dengan tepat serta perbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas perhari. Olah raga secara rutin dapat membantu otot-otot terasa lebih tenang. Jika anda mengalami serangan sakit kepala yang terus-menerus setiap malam, segera kunjungi dokter agar dapat dilakukan tindakan pengobatan yang tepat.

Bagikan