Penyebab Gejala Flu Mencegah & Mengobati

Influenza atau sering disebut flu adalah salah satu penyakit yang paling umum dijumpai di masyarakat luas dan disebabkan karena sejenis virus yang sangat mudah sekali penularannya. Penyebab influenza adalah virus flu yang menginfeksi pada sistem saluran pernafasan. Orang sering kali berpendapat bahwa flu dan pilek adalah penyakit yang sama. Meskipun pada flu dan pilek memiliki gejala-gejala yang hampir sama, akan tetapi pada flu biasanya mempunyai gejala yang lebih buruk.

Flu mempunyai masa inkubasi yang lebih pendek dan gejala yang dialami oleh flu ini akan lebih parah sehingga dapat mengganggu aktifitas sehari-hari. Sedangkan pada pilek, masa inkubasinya lebih panjang dan timbul secara bertahap disertai dengan gejala yang tidak terlalu parah. Pilek juga tidak terlalu mengganggu aktifitas sehari-hari. Virus flu ini adalah sejenis virus yang dapat terbang, sehingga penyebaran virus lewat udara merupakan salah satu sarana yang paling cepat dalam penularannya.

Penyebab influenza menular

  • Flu dapat menular melalui batuk dan bersin, dimana terjadi percikan lendir atau air yang mengandung virus flu yang dikeluarkan oleh mulut atau hidung seorang penderita.
  • Flu menular melalui kontak fisik secara langsung dengan penderita influenza.
  • Flu juga dapat menular melalui kontak secara tidak langsung dari barang yang sebelumnya pernah dipegang atau dipakai oleh penderita influenza.

Jenis influenza

  • Virus influenza jenis A; virus ini dapat menginfeksi pada hewan dan manusia. Pada manusia virus ini memiliki sifat patogen atau merugikan karena dapat menyebabkan kematian.
  • Virus influenza jenis B; virus jenis ini lebih sering menginfeksi manusia. Meskipun lebih dominan menyerang pada manusia, hewan seperti musang dan anjing laut dapat juga terjangkit virus ini.
  • Virus influenza jenis C; virus jenis ini dapat menginfeksi pada manusia juga pada hewan seperti anjing dan babi. Virus ini juga terkadang menyebabkan penyakit yang lebih berat dan membuat epidemik pada suatu wilayah. Virus ini juga sangat jarang ditemui jika dibandingkan dengan virus lainnya.

Gejala influenza

  1. Mengalami demam lebih dari 38° C.
  2. Otot-otot dan persendian mengalami sakit hingga ke lengan punggung dan juga kaki.
  3. Berkeringat dingin.
  4. Batuk kering dan kesulitan tidur.
  5. Sakit kepala dan mual.
  6. Hidung berair dan tersumbat sehingga sering bersin-bersin.
  7. Sakit pada tenggorokan dan merasakan nyeri dada.
  8. Tubuh mengalami kelelahan sehingga dapat mengganggu aktifitas.

Apabila dalam waktu 5-7 hari flu tidak juga sembuh. Maka perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Bisa jadi hal ini merupakan dampak atau komplikasi yang lebih serius yang terjadi pada penyakit influenza ini. Komplikasi penyakit influenza mungkin yang telah terinfeksi oleh bakteri akan menyebabkan pneumonia, otitis media, dan sinusitis.

Pengobatan penyakit influenza

Biasanya flu tidak memerlukan pengobatan yang signifikan, akan tetapi pengobatan flu cenderung lebih pada usaha untuk mengurangi dan meredakan gejala-gejala yang dialami. Terutama jika kondisi pertahanan di dalam tubuh sedang baik. Hanya perlu istirahat yang cukup untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti semula. Obat yang dikonsumsipun termasuk jenis obat-obatan umum yang bisa didapatkan dengan pembelian secara bebas di apotik. Lain halnya dengan penderita flu yang memerlukan perawatan khusus dari dokter.

Tips mencegah influenza menyerang

Cara yang paling efektif dan ampuh untuk mencegah penyakit influenza ini adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksinasi cukup sekali diberikan dalam setahun. Bentuk vaksinasi ini biasanya berupa injeksi atau suntikan. Tapi tidak menutup kemungkinan, walaupun telah mendapatkan vaksinasi belum tentu tidak terkena penyakit influenza. Pada intinya masih bisa tetap terinfeksi, hanya saja gejala yang dirasakan tidaklah parah. Selain melakukan vaksinasi, untuk mencegah terjadinya penyakit influenza dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal dibawah ini :

  • Banyak beristirahat dan jangan terlalu memforsir tenaga dan pikiran secara berlebihan.
  • Perbaiki pola makan yang seimbang.
  • Melakukan olah raga secara teratur.
  • Biasakan mencuci tangan setelah selesai melakukan kegiatan.
  • Hindari kontak fisik dengan penderita flu jika memang tidak diperlukan.
  • Pergunakan masker untuk melindungi mulut dan hidung.

Jaga selalu kesehatan diri anda. Mencegah lebih baik daripada mengobati!