Home » Sakit Kepala

Sakit Kepala Bagian Atas Sampai Belakang

  •  Roswati

Sakit Kepala Bagian Atas Sampai Belakang

Sakit kepala bagian atas merupakan kondisi dimana muncul rasa sakit yang hanya dirasakan pada bagian atas kepala. Hampir semua orang pernah mengeluhkan kondisi sakit kepala, meskipun sakit kepala bukanlah keadaan yang membahayakan. Tetapi tidak ada salahnya jika tetap mewaspadainya, karena kondisi semacam ini tidak menutup kemungkinan mengindikasikan adanya penyakit lain yang lebih serius.

Sakit kepala sebelah atas

Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit kepala bagian atas dan salah satu penyebabnya adalah ketegangan, yang merupakan salah satu jenis sakit kepala pada umumnya. Sakit kepala sebelah atas lebih banyak dialami oleh orang dewasa dan beresiko lebih tinggi terjadi pada wanita daripada pria. Kepala sebelah atas yang sakit biasanya disebabkan karena mengalami ketegangan otot leher dan kulit kepala. Sementara ketegangan otot ini sendiri dapat di picu karena adanya hal-hal sebagai berikut ini:

  • Mengalami stres secara berlebihan baik secara fisik maupun psikis, yang berhubungan dengan masalah pekerjaan, keluarga, pendidikan, bahkan masalah hubungan pribadi.
  • Mengalami kelelahan kronis akibat aktivitas yang terlalu berlebihan, sehingga waktu untuk beristirahat sangat sedikit.
  • Terlambat makan atau kondisi terlalu lapar.
  • Memiliki rasa cemas yang terlalu berlebihan atau mudah panik.

Sakit kepala sebelah atas ini seringkali diabaikan oleh penderita hingga rasa sakit dapat menyebar hingga ke bagian belakang kepala. Bahkan rasa sakit ini akan dapat menghambat aktivitas setiap hari. Seseorang yang mengalami sakit kepala karena otot yang tegang akan merasakan hal-hal sbb:

  • Mengalami kesulitan untuk tidur.
  • Sakit kepala yang muncul secara berulang dan berkepanjangan.
  • Lebih sensitif terhadap suara, cahaya, dan bau.
  • Mengalami kelelahan yang bersifat kronis.
  • Menderita nyeri pada otot-otot.
  • Mengalami penurunan konsentrasi.

Jika sakit kepala tidak mendapatkan penanganan serta perawatan yang benar, maka lama-kelamaan dapat menyebabkan sakit kepala berkepanjangan, apalagi jika sakit kepala terjadi menjadi sakit kepala persisten. Oleh sebab itu segeralah mengunjungi dokter untuk memeriksakan kondisi agar dapat diketahui secara pasti dan dapat segera diatasi.

Pengobatan yang dilakukan oleh dokter tidaklah untuk menyembuhkan kondisi, melainkan meringankan dan meredakan gejala. Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi sakit kepala antara lain adalah sbb:

  • Memberikan obat-obatan penghilang rasa nyeri dengan dosis yang lebih kuat, seperti obat yang digunakan untuk membuat otot menjadi lebih rileks.
  • Mengkonsumsi obat anti-depresan, obat yang di gunakan untuk membantu relaksasi di bagian ototnya, dan obat anti-kejang, serta mengontrol tekanan darah. Obat-obatan tersebut di tujukan untuk menghindari agar sakit kepala sebelah atas tidak kambuh kembali

Untuk menangani kondisi sakit pada bagian kepala sebelah atas, selain mengkonsumsi obat-obatan dapat juga diatasi dengan menghindari segala hal yang dapat memicu rasa sakit. Cara yang terbaik adalah dengan mengendalikan tingkat stres. Stres yang berlebihan dapat menyebabkan seluruh otot tubuh termasuk di bagian kepala menjadi kaku. Rajinlah melakukan olahraga secara teratur dan memakan makanan yang bergizi seimbang, serta beristirahat yang cukup.

Bagikan